Gogot Cahyo Baskoro: "Penyelenggara Pemilu Wajib Bermedsos yang Bijak"

MOJOKERTO- Selama 2 hari (26-27/11/2020), KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Penguatan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) bersama 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Pendopo Dapoer Anggrek Mojokerto.

Acara tersebut dilaksanakan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Provinsi Jawa Timur yang dikomandani oleh Bapak Gogot Cahyo Baskoro (Komisioner KPU Jawa Timur).

Salah satu materi yang disampaikan terkait PPID itu adalah tentang profesionalitas dan integritas penyelenggara pemilu sebagai PPID agar bisa bijak dalam menyampaikan dan mengelola semua informasi dan dokumentasi yang ada di KPU masing-masing Satker tingkat Kabupaten/Kota. Tentu harus dimulai dari diri sendiri penyelenggara pemilu yang wajib bijak dalam menggunakan media sosial (medsos), baik medsos pribadi maupun lembaga, sehingga informasi dan dokumentasi KPU yang disampaikan ke publik benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Pak Gogot, panggilan akrabnya, ketika menyampaikan materi menyatakan bahwa "semua penyelenggara pemilu wajib memiliki sikap yang bijak dalam memanfaatkan medsos sebagai salah satu media menyampaikan dan mengelola informasi dan dokumentasi KPU di masing-masing kabupaten/kota." Ungkapnya.

"Semua penyelenggara pemilu, harus benar-benar memahami dan memperhatikan dasar hukum, kode etik dan semua peraturan-peraturan lainnya yang berhubungan dengan keterbukaan informasi publik, termasuk juga tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).   Semua medsos yang dimiliki penyelenggara pemilu, baik medsos pribadi maupun lembaga wajib dijaga integritasnya dan patuh pada UU ITE No 19 tahun 2016 jo No 11 tahun 2008." Paparnya panjang lebar.

Dengan demikian, sebagai PPID KPU di tingkat Kabupaten kota, semua komisioner dan struktur lainnya harus memegang peraturan dan prinsip-prinsip pengelolaan dan pelayanan informasi publik supaya lembaga KPU benar-benar bisa memberikan pelayanan informasi yang profesional, akuntabel dan transparan.

Dari KPU Kabupaten Pamekasan yang mengikuti acara tersebut adalah Fathor  Rachman (Komisioner KPU yang membidangi Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM) dan Hendriyan Haswara Baru (Kasubbag Hupmas dan Teknis KPU Kabupaten Pamekasan). (FthoR)