Rapat Pleno Terbuka Akhir Tahun tentang Pemutakhiran DPB oleh KPU Pamekasan

PAMEKASAN-  Memasuki akhir Tahun 2020, KPU Kabupaten Pamekasan Divisi Perencaan, Data dan Informasi kembali menggelar Rapat Pleno tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode bulan November 2020.

Rapat pleno tentang Pemutakhiran DPB kali ini dilaksanakan secara terbuka dengan melibatkan beberapa stake holders, yaitu Bawaslu, Pimpinan Partai Politik, Kapolres, Kodim 0826, Bakesbangpol dan Dispendukcapil Kabupaten Pamekasan. Rapat Pleno Terbuka tentang PDPB periode November 2020 dilaksanakan pada hari Senin (07/12/2020) bertempat di Meeting Room Resto Balai Redjo Pamekasan.

Rapat Pleno Terbuka tersebut yang seharusnya dimulai pukul 10.00 WIB sempat molor setengah jam karena menunggu rampungnya peserta rapat yang telat karena terkendala hujan. Acara baru berlangsung sekitar pukul 10.45 menit dan langsung diawali dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan sidang oleh Ketua KPU Pamekasan serta pemaparan hasil Pemutakhiran DPB periode bulan November 2020 oleh salah satu Komisioner KPU Pamekasan, Ibnun Hasan Mahfud, yang membidangi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi. Selanjutnya hasil pembacaan materi kemudian ditetapkan melalui pembacaan berita acara dan penandatanganan. 

"Rapat Pleno penetapan Pemutakhiran DPB periode bulan November 2020 ini memang sengaja dikemas dengan terbuka dan ditempatkan di luar kantor KPU Pamekasan biar ada suasana yang berbeda dengan rapat pleno penetapan PDPB bulan-bulan sebelumnya." Papar , usai dikonfirmasi setelah acara selesai.

Berdasarkan hasil penetapan Pemutakhiran DPB periode bulan November 2020 ditemukan bahwa Jumlah Pemilih keseluruhan adalah 706.236 dengan perincian pemilih laki-laki berjumlah 341.896 orang dan pemilih perempuan 364.340 orang yang tersebar di 13 Kecamatan dan 189 Desa/Kelurahan "Ini merupakan jumlah daftar pemilih berdasarkan pelacakan data yang telah dilakukan oleh KPU Pamekasan selama periode November 2020, di mana hasilnya telah dibacakan tadi dan salinan berita acaranya juga telah dikasih ke semua peserta, baik pihak Bawaslu, Polres, Dandim 0826, Pimpinan Partai Politik dan sebagainya." Ungkap Ketua KPU Pamekasan, Moh. Halili.

"Jadi, seandainya Pemilu itu dilaksanakan pada hari ini, makan Daftar Pemilih kita adalah 706.236 tersebut." Tambahnya. (FthoR)