KPU Pamekasan Selenggarakan Sosialisasi PKPU No 6 Tahun 2019 tentang PAW

PAMEKASAN- Hari ini, Selasa (15/12/2020), bertempat di Meeting Room Hotel Front One Pamekasan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan Acara Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan PKPU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB tersebut dihadiri lengkap oleh semua Komisioner KPU Pamekasan (Moh. Halili, Fathor Rachman, Ibnun Hasan Mahfud, Moh. Amiruddin dan Mohammad Mansyur), semua pegawai sekretariat dan beberapa undangan lainnya diantaranya adalah Bawaslu, Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Pamekasan, Sekretaris DPRD Pamekasan, Kapolres, Dandim 0826, Bakesbangpol dan lain-lain. 

Acara Sosialisasi tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dibuka langsung oleh Ketua KPU Pamekasan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Komisioner KPU Pamekasan, Divisi Hukum dan Pengawasan (Moh. Mansyur) dan Divisi Teknis Penyelenggaraan (Moh. Amiruddin) yang kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog atau tanya jawab.

Acara yang dikemas dalam bentuk Talk Show tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari semua Pimpinan Partai Politik di Pamekasan. Bahkan antusiasme peserta juga luar biasa ketika mengikuti acara tersebut.

"Alhamdulillah semua undangan, terutama pimpinan parpol sangat antusias mengikuti acara ini dan acara ini juga berjalan dengan lancar sesuai dengan agenda yang telah ada." Papar Mansyur ketika dikonfirmasi usai acara.

Hal senada juga disampaikan oleh Amiruddin dalam pernyataannya ketika menanggapi kegiatan KPU Pamekasan yang baru saja dilaksanakan tersebut.

"Saya ikut senang karena semua undangan bisa hadir tepat waktu dan acara juga berjalan tepat waktu, semoga semua materi yang baru saja kami sampaikan bisa difahami dengan baik." Papar Amir, panggilan akrabnya.

Pada acara sosialisasi tersebut selain dipaparkan tentang mekanisme dan tata cara PAW anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota sesuai PKPU No 6 Tahun 2019, juga disampaikan terkait aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antar Waktu (SIMPAW), di mana proses administrasi PAW anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota saat ini sudah berbasis online, sehingga semua proses administrasi PAW sudah sangat mudah dan dapat dilaksanakan secara transparan melalui aplikasi tersebut. (FthoR)