Ajak Tauladani Kepemimpinan Rasulullah

KPU Aktif Dalam Kajian Kepemimpinan dan Demokrasi Bersama Mahasiswa

PAMEKASAN- Rasulullah SAW merupakan pemimpin terhebat sepanjang sejarah manusia. Kepemimpinannya sangat komplit. Ada empat peran yang dilakukan secara bersamaan oleh Rasulullah semasa hidupnya. Pertama, peran sebagai pemimpin umat, yang membawa ajaran agama Islam, kedua peran sebagai kepala pemerintahan (pemimpin masyarakat), ketiga peran sebagai qadhi (hakim), keempat sebagai suami terbaik bagi istri-istrinya.

Hal tersebut disampaikan Mohammad Halili, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan dalam Kajian Rutin bulanan yang digelar FKMSB Koordinator Kampus (Korkam) UIM, Pamekasan di kafe Sae, sebelah utara Kampus UIM Bettet Pamekasan, Rabu malam kemarin.

Kajian yang berthema “Leadership Ala Rasulullah, Bincang-bincang Kepemimpinan bersama Ketua KPU Pamekasan” ini dihadiri beberapa petinggi dan anggota FKMSB dan sejumlah perwakilan mahasiswa perguruan tinggi se-Pamekasan.

Dalam paparannya, Mohammad Halili mengatakan, Rasullullah merupakan pemimpin ideal yang bisa dijadikan sebagai barometer kepemimipinan. Beliau memiliki kecerdasan manajerial yang luar biasa, memiliki rasa empati dalam memimpin.

Tidak hanya itu, lanjut Halili, Dikenal sebagai figur yang tegas, dan sosok yang bijak dalam mengambil keputusan. Dalam menjalankan kepemimpinannya, selalu mengedepankan akhlak mulia dan lebih mengedepankan kepentingan ummat daripada kepentingan dirinya.

“Beliau pemimpin terhebat sepanjang sejarah. Pada diri rasulullah terdapat eksistensi universalitas sifat sebagai suri teladan bagi umat manusia. ” pungkasnya.

Selain memaparkan sial kepemimpinan Rasulullah, Halili juga mengupas berkaitan dengan demokrasi Indonesia yang berusaha keras untuk mendaoatkan pemimpin yang betul-betul visioner dan amanah melalui proees Pemilihan Umum. (Hans/amr)