Ketua dan Divisi Parmas adalah Humasnya KPU Kabupaten/Kota

MOJOKERTO- Bimtek Kehumasan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur bersama KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Hotel Ayola Sunrise Mojokerto selama 3 hari (10-12/12/2019) diisi dengan beberapa materi yang sangat menarik, yaitu tentang Peran Kehumasan dalam Membangun Citra Positif lembaga, Metode Memproduksi Audio Visual via Gadget untuk Kepentingan Sosialisasi dan Kehumasan dan Teknik Membangun Komunikasi dengan Media.

Selain beberapa materi penting lainnya yang berkaitan dengan pentingnya keterbukaan informasi kepada publik yang harus disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten/Kota, baik melalui website, media sosial dan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Semua materi tersebut disampaikan oleh para ahli yang memang pakar di bidang komunikasi, public speaking dan media, selain oleh komisioner KPU Provinsi Jawa Timur.

Para pemateri seperti Ibu Rizqiana (Dosen Publik Speaking Unair Surabaya), Ibu Wida Subianto (Correspondet CNN Indonesia) dan Bapak Machmud Suhermanto (PWI Jawa Timur), ketiganya hampir sepakat bahwa KPU Kabupaten/Kota perlu memiliki humas yang baik, supaya dapat menyampaikan informasi dan sosialisasi tentang kepemiluan kepada masyarakat secara tepat dan benar, di samping pentingnya memiliki hubungan baik dengan media untuk ikut membantu menyampaikan informasi yang benar kepada publik.

Pada konteks ini, maka di masing-masing Satker KPU Kabupaten/Kota, Divisi Sosdiklih Parmas dan Ketua harus mampu memerankan dirinya sebagai humas secara profesional untuk mewakili lembaganya dalam melakukan sosialisasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat.

"Ketua dan Divisi Parmas ini yang harus mewakili lembaga KPU dalam membangun hubungan komunikasi dengan para stakeholder KPU" komentar salah satu pemateri, Ibu Rizqiana Putri. (FthoR)