Sosialisasi dan Audiensi RPP Arlan Bersama GmnI,KPU Jelaskan Sejarah Pemilu Hingga Proses Tungsura

PAMEKASAN- Setelah menerima kedatangan rombongan dari KOPRI PC PMII Pamekasan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan kembali melaksanakan sosialisasi dan audiensi bersama mahasiswa. Kali ini, mereka menemui pengurus dan kader dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pamekasan.

Kedatangan puluhan aktivis dengan cirikhas baju merah itu ditemui langsung oleh semua komisioner KPU di ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) Arek Lancor (Arlan), Jalan Brawijaya No 34 Pamekasan. Berbagai macam kegiatan dilaksanakan bersama, mulai dari diskusi bersama seputar demokrasi, belajar mengenai sejarah pemilu dari masa orde lama hingga reformasi melalui pemutaran video, menerima pemaparan data statistik hasil Pilkada maupun Pemilu, hingga mengetahui proses Pemungutan dan Penghitungan suara ( Tungsura).

Selanjutnya, setelah melakukan diskusi singkat, mereka didampingi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Moh Amiruddin, diajak keliling di ruang RPP Arek Lancor. Satu persatu semua data yang terpampang di dinding RPP diperkenalkan satu persatu. Bahkan, merrka juga diajarkan simulasi proses pemungutan suara menggunakan media visual dan miniatur tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah tersedia.

“ RPP Arek Lancor ini, terbuka bagi siapapun. Silahkan datang dan kunjungi ruang ini kapanpun, terutama jika kalian butuh referensi dan pengetahuan seputar kepemiluan. Baik untuk pribadi maupun penelitian,” kata pria yang akrab disapan Amir di hadapan mahasiswa.

Juru bicara GmnI, Moh Khumaidi dihadapan Komisioner, mengaku senang dan bangga bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan seputar demokrasi, terutama tentang kepemiluan dan penyelenggaraan demokrasi di Indonesia. Apalagi menurutnya, bisa mengetahui langsung hasil dari proses penyelenggaraan Pemilihan maupun Pemilu.

“Seperti daftar hasil pilpres, pemilu maupun Pilkada, serta data statistik daftar pemilih tetap di Pamekasan dan lain sebagainya,” ujar Khumaidi ditemui usai audiensi.

Untuk diketahui, sesuai jadwal agenda yang telah disepakati dalam rapat pleno, agenda berikutnya KPU akan menghadirkan dari kalangan organisasi mahasiswa lainnya, dan di awal tahun 2020 nanti direncakan KPU akan turba ke kalangan pelajar tingkat SMA sederajat untuk memberikan pemahaman terhadap calon pemilih pemula. (amr)