IMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN BOTTOM-UP, KPU JATIM SUSUN RKBMN TAHUN 2021

Tahun 2021, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengimplementasikan penyusunan rencana kebutuhan barang milik negara (RKBMN) yang bersifat bottom-up (penyusunan RKBMN berdasarkan usulan dari satuan kerja di tingkat bawah-red). Untuk itu, kali ini KPU Jatim bersama dengan 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur melaksanakan Rapat Kerja Teknis dan Penyusunan RKBMN untuk Tahun Anggaran 2021.

Rapat Kerja Teknis digelar selama tiga hari, Rabu-Jum’at, tanggal 11-13 September 2019 di KPU Kota Malang, jalan Bantaran Nomor 6 Kota Malang. Dengan melibatkan Sekretaris dan operator SIMAK-BMN KPU Kabupaten/ Kota.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi terus berkomitmen melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada KPU Kabupaten/ Kota. “KPU RI beberapa tahun kedepan, akan mulai menerapkan pendekatan bottom-up dalam penyusunan RKBMN. Sehingga berharap betul KPU Kabupaten/ Kota dapat mengoptimalkan kegiatan kali ini. KPU Jatim pun akan terus mendampingi kabupaten/ kota dalam penyusunan RKBMN ini. Kalau ada kesulitan silahkan disampaikan ke Provinsi. Prinsipnya di Provinsi sebaik mungkin melakukan pembinaan dan pendampingan untuk kabupaten/ kota,” papar pria yang akrab dipanggil Cak Anam ini (11/9/2019).

Senada dengan Anam, Sekretaris KPU Jatim, Muhammad Eberta Kawima mengatakan penyusunan RKBMN ini untuk tahun anggaran 2021 karena RKBMN tahun 2020 masih menggunakan mekanisme/ pendekatan top-down, dan baru tahun 2021 KPU menerapkan pendekatan bottom-up. “Nanti bukan soal BMN aja yang bottom-up, tapi juga anggaran. Saat ini diawali dari RKBMN dulu,” katanya.

Dalam penyusunan RKBMN 2021 ini, KPU Jatim sengaja mengundang tim dari Biro Umum KPU RI untuk secara langsung membantum mendampingi dan memberikan arahan. Hadir dari Biro Umum KPU RI yakni Kepala Biro Umum, Yayu Yuliani, operator SIMAK-BMN, Galuh, serta staf Biro Umum, Nurman.

 

Sumber: kpujatim.go.id