Komisioner KPU Pamekasan Jadi Pemateri Seminar Pembukaan Konfercab PMII Pamekasan XXX

PAMEKASAN - Selama 4 hari ke depan, tanggal 10 - 13 Februari 2020, PC PMII Pamekasan akan mengadakan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-30. Sebagai kegiatan pembukaannya diadakan Seminar yang menghadirkan beberapa pemateri, di antaranya Bupati Pamekasan sebagai keynote speaker yang diwakili oleh Wabup Pamekasan, H. Raja'ie, S.HI., dan beberapa pemateri lainnya, salah satunya adalah Komisioner KPU Pamekasan, Fathor Rachman.

Tema Konfercab PMII Pamekasan kali ini berkaitan dengan "Positioning PMII Pamekasan dalam menghadapi Bonus Demografi." Tema ini menjadi fokus program dan kegiatan PC PMII ke depan karena Indonesia sedang berada dalam suatu kondisi, di mana angka usia produktif, umur 16 - 64 tahun, lebih banyak populasinya dibanding dengan usia non-produktif. Sementara itu, PC PMII Pamekasan merupakan organisasi kemahasiswaan yang di dalamnya terdapat banyak ribuan kader dan alumni yang memang berada dalam usia produktif tersebut. Oleh karena itu, tentu saja tantangan PC PMII ke depan lebih berat untuk membentuk kader-kader yang dituntut memiliki SDM yang kompeten.

Komisioner KPU Pamekasan, Fathor Rachman, dalam paparannya menyatakan bahwa "PC PMII Pamekasan harus menyiapkan beberapa program dan kegiatan yang ditujukan untuk menghadapi bonus demografi tersebut, karena ke depan, dunia kerja dan industri membutuhkan potensi-potensi SDM yang memiliki kualitas dan kompetensi sesuai era revolusi industri 4.0, di samping harus menyiapkan para kadernya untuk memiliki soft skill dan networking yang bagus." Paparnya.

"Sebagai organisasi yang mengurus anak-anak muda dan merupakan pemilih potensial (kalam dalam perspektif Pemilu), PC PMII harus melahirkan generasi-generasi yang handal dan kreatif, agar mereka bisa melahirkan karya-karya yang inovatif. Salah satunya, jiwa enterpreneurship harus dipupuk semaksimal mungkin." Tambah mantan aktivis PC PMII Sumenep ini.

Hal senada juga disampaikan oleh pemateri lainnya, seperti Muhammad Jamal, pengusaha muda, yang merupakan alumni PMII Pamekasan. "Sahabat-sahabat PMII Pamekasan harus ada yang berani terjun sebagai pengusaha dalam menghadapi bonus demografi ini, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para sahabat PMII, yang penting jangan mengenal lelah." Papar dosen IAIN Madura ini. (FthoR)