KPU Pamekasan Rapat Internal Terkait Indikator Penilaian Daerah Percontohan

PAMEKASAN- Pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 KPU Pamekasan menerima surat KPU RI nomor 453/PL.02.1-SD/01/KPU/VI/2020 terkait pengisian dan pengiriman Indikator Penilaian Daerah Percontohan untuk Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) oleh KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Untuk memenuhi permintaan KPU RI tersebut, KPU Pamekasan langsung mengadakan rapat internal pada hari Senin (15/06/2020). Hadir dalam rapat tersebut semua komisioner KPU Pamekasan, Plt Sekretaris, Kasubbag Informasi dan Data serta Kasubbag Hukum dan Pengawasan KPU Pamekasan untuk membicarakan perihal surat permohonan KPU RI di atas.

Setelah melalui diskusi dan sharing bersama terkait kegiatan KPU Pamekasan dalam beberapa bulan kemarin dalam upaya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) yang telah dilakukan tiap bulan dan dilaporkan hasilnya tiap 3 bulan sekali ke KPU Provinsi Jawa Timur. KPU Pamekasan dengan optimis mampu memenuhi indikator penilaian daerah percontohan dalam hal PDPB tersebut.

Ketua divisi informasi dan data KPU Pamekasan, Ibnun Hasan Mahfud mengatakan bahwa "selama ini KPU Pamekasan telah banyak melakukan berbagai upaya untuk melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) tersebut, salah satunya adalah bekerjasama dengan pendamping PKH Kabupaten Pamekasan dan beberapa sekolah tingkat menengah atas (SMA/SMK/MA) dan lain-lain, sehingga dalam setiap pelaporan PDPB KPU Pamekasan selalu melakukan upade data pemilih berkelanjutan secara valid." Paparnya.

Meskipun demikian, ia tidak berlalu berharap KPU Pamekasan akan menjadi KPU Percontohan dalam hal PDPB, baginya yang penting KPU Pamekasan dapat mengisi dan malaporkan hasil PDPB secara baik dan valid. "Persoalan nanti kita terpilih, nanti kita harus siap." Singkatnya.

KPU memasrahkan sepenuhnya kepada KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI dalam hal tersebut. (FthoR)