BAWASLU PAMEKASAN LAKUKAN KEGIATAN MONITORING KE KPU TERKAIT PDPB

PAMEKASAN- Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pamekasan, hari ini, Selasa (30/06/2020) mendatangi Kantor KPU Pamekasan dalam rangka melakukan salah satu fungsinya yaitu melaksanakan monitoring atau pengawasan terhadap salah satu kegiatan KPU Pamekasan terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB)

Hadir dalam kegiatan monitoring tersebut Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi, didampingi oleh salah satu anggotanya, Khatim Ubaidillah dan salah satu stafnya. Rombongan Ketua Bawaslu tersebut diterima langsung oleh Ketua dan semua anggota Komisioner KPU Pamekasan yang ada di kantor secara lengkap.

Sekedar diketahui bahwa sejak akhir bulan Februari 2020, KPU Pamekasan telah melaksanakan salah satu programnya yaitu PDPB yang terus diperbaharui datanya setiap bulan dan dilaporkan hasilnya setiap 3 bulan sekali ke KPU Provinsi Jawa Timur. Kegiatan PDPB merupakan salah satu agenda nasional KPU RI untuk memberikan kepastian kepada seluruh masyarakat yang telah berhak menjadi pemilih dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum bahwa dirinya telah tercatat sebagai pemilih. Proses ini tentu tidak mudah karena KPU harus mencari berbagai sumber data untuk mencatatnya secara valid.

Di sisi lain, KPU Pamekasan juga telah berkirim surat kepada Bupati, Bawaslu, Dinas Dispendukcapil, Pimpinan Partai Politik dan berbagai instansi terkait untuk memberikan masukan, saran dan solusi supaya kegiatan PDPB ini benar-benar maksimal dan dapat dijadikan salah satu rujukan dalam menetapkan DPT dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Dalam rangka memberikan masukan sekaligus monitoring tentang kegiatan PDPB itulah, Bawaslu Pamekasan mendatangi KPU Pamekasan, supaya kegiatan ini benar-benar sesuai dengan aturan yang ada dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Usai monitoring, Ketua Bawaslu Pemekasan menyampaikan bahwa "selain niat silaturrahim kami ke KPU, pasca ditetapkan tatanan kerja new normal, kami juga ingin tahu secara detail proses, pelaksanaan dan pelaporan PDPB yang dilakukan oleh KPU Pamekasan. Karena kami Bawaslu juga berhak tahu tentang hal itu." Paparnya.

Demikian juga yang disampaikan oleh ketua KPU Pamekasan, bahwa "pada prinsipnya, kami KPU Pamekasan akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu tentang berbagai kegiatan KPU, termasuk PDPB ini, supaya hubungan kami akan terus harmonis dan sinergis." Ungkapnya singkat. (FthoR)