KPU Pamekasan Teken MoU Dengan Pemerintah Desa untuk Mensukseskan Kegiatan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)

PAMEKASAN - KPU Pamekasan terus berinovasi dalam melaksanakan kegiatan Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Salah satunya adalah dengan mengadakan _Memorandum of Understanding_ (MoU) dengan desa-desa guna mendapatkan update data kependudukan terbaru.

Ibnun Hasan Mahfud selaku Komisioner KPU Pamekasan, Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menyebutkan bahwa hal ini dilakukan agar KPU Pamekasan dapat memperoleh update data untuk kebutuhan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan.

"Tujuan kami melakukan MoU agar komunikasi bersama desa bisa terus berkelanjutan, dengan begitu KPU dapat menerima update data kependudukan desa desa secara berkala, harapannya tidak ada lagi kendala sumber data untuk kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan." Jelasnya

Dalam Bulan September ini KPU Pamekasan mengagendakan untuk melaksanakan MoU dengan delapan desa dalam empat kecamatan di Kabupaten Pamekasan, dimulai dari Desa Bungbaruh dan Kertagenah Laok Kecamatan Kadur sebagai pilot projetcnya.

Desa lainnya adalah desa Bajang dan Bandungan Kecamatan Pakong, desa Dasok dan Bunder kecamatan Pademawu dan desa Nyalabuh Laok dan Jungcangcang kecamatan kota, yang akan dikunjungi KPU Kabupaten Pamekasan mulai dari tanggal 14 sampain dengan tanggal 24 September 2020.

Kunjungan KPU Pamekasan dimulai dari desa Bungbaruh dan Kartagenah Tengah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.

Hadir dalam kegiatan yang berlangsung pada Senin (14/09/2020) tersebut ketua dan seluruh komisioner didampingi sekretaris KPU Pamekasan dan disambut langsung oleh Kepala Desa beserta operator dan aparat desa terkait.

Kerjasama dengan desa-desa ini merupakan salah satu upaya terobosan KPU Kabupaten Pamekasan untuk melakukan update Pemutakhiran DPB setiap bulan. Di mana kerjasama ini akan terus berlangsung selama 4 tahub ke depan. Sementara hampir semua kepala desa sangat apresiatif dengan langkah dan kerjasama yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pamekasan ini. (nun/hor)