Silaturahim KPU dan Pemkab Pamekasan Bahas Pembangunan Kantor dan Persiapan Dana Pilkada

PAMEKASAN- Hari ini, Rabu (30/09/2020) pukul 15.00 WIB, KPU Kabupaten Pamekasan mengadakan Silaturahim ke Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Acara silaturahim yang berlangsung di Peringgitan Dalam Pendopo Agung Ronggosokowati Pamekasan ini diterima langsung oleh Bupati Pamekasan, Bapak H. Baddrut Tamam.

Pada acara silaturahim tersebut, rombongan KPU Kabupaten Pamekasan terdiri dari semua Komisioner KPU (Moh. Halili, Fathor Rachman, Ibnun Hasan Mahfud, Moh. Amiruddin dan Moh. Manshur) serta Sekretaris KPU Kabupaten Pamekasan yang baru, Bapak Panji Kuncoro.

Sementara dari pihak Pemkab Pamekasan, selain Bupati juga hadir Bapak Moh. Tarsun (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Bapak Sahrul Munir (Kepala Badan Keuangan Daerah) dan beberapa kepala Dinas yang juga ikut mendampingi Bupati.

Silaturahim KPU dengan Pemkab Pamekasan kali ini, selain bertujuan untuk memperkenalkan Sekretaris KPU Kabupaten Pamekasan yang baru, juga membahas progres pembangunan Kantor KPU Pamekasan dan Pengajuan Rancangan Dana Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pamekasan 2023.

Menurut Ketua KPU Pamekasan, Moh. Halili dalam sambutan pengantarnya menyatakan bahwa "silaturahim KPU Pamekasan ke Pemkab ini merupakan silaturahim yang ketiga kalinya secara formal karena akan membahas secara resmi perencanaan pembangunan kantor KPU dan pengajuan dana pelaksanaan Pilkada, tahun 2023, jika tidak ada perubahan dalam UU Pilkada." Paparnya.

Sementara, Bupati Pamekasan, dalam sambutan penerimaannya menyatakan bahwa "saya sangat apresiatif terhadap langkah-langkah KPU Pamekasan yang terus berinisiatif untuk mengawal berbagai macam program dan kegiatannya, termasuk hibah pembangunan kantor KPU yang selalu ditanyakan progresnya. Untuk masalah persiapan dana Pilkada nanti, insya Allah Pemkab Pamekasan telah melakukan saving anggaran secara bertahap karena memang itu kewajiban Pemkab untuk menyediakannya sesuai aturan perundang-undangan yang ada." Urainya.

Bahkan dalam kesempatan silaturrahim tersebut, KPU dan Pemkab sepakat untuk menyediakan anggaran Hibah Daerah Non Pemilihan (Pilgub/Pilbup/Pilwali) yang akan banyak digunakan untuk penguatan kelembagaan KPU dan pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat. (FthoR)