KPU Pamekasan Konsultasi ke Pimpinan KPU Jawa Timur terkait KPT RI No 364 Tahun 2020

SURABAYA- Sesuai Keputusan KPU RI Nomor: 364/KU.07-Kpt/01/KPU/VIII/2020 tentang Pedoman Perencanaan dan Penganggaran Hibah Daerah Non-Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, maka KPU Kabupaten Pamekasan berencana mengajukan hal tersebut ke Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan.

Komunikasi awal dengan pihak Pemkab melalui Bupati, Ketua DPRD dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pamekasan telah dilakukan oleh KPU Pamekasan pada hari Senin (5/10/2020). Terkait dengan Keputusan KPU RI itulah, KPU Pamekasan telah menyusun rencana dan anggaran pengajuan dana hibah daerah non-pemilihan tersebut untuk selanjutnya dikonsultasikan ke Pimpinan KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Timur.

Untuk kepentingan itulah, semua komisioner KPU Kabupaten Pamekasan bersama Sekretarisnya melakukan konsultasi ke Pimpinan KPU Jawa Timur pada hari Rabu (07/10/2020). Rombongan KPU Pamekasan tiba di Kantor KPU Provinsi Jawa Timur pada pukul 13.00 dan diterima langsung oleh Ketua dan Plt. Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur Bapak Choirul Anam dan Bapak Edi Hartono.

Ketua KPU Jawa Timur dalam pengarahannya mengatakan supaya "semua perencanaan dan anggaran yang akan disusun oleh KPU Kabupaten Pamekasan harus menyesuaikan dengan Juknis DIPA KPU RI karena semua dana hibah daerah tersebut juga akan masuk dalam DIPA KPU RI untuk Satker KPU Kabupaten Pamekasan sesuai peruntukannya sebagaimana dalam Juknis tersebut." Paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Edi, panggilan akrabnya, selaku Plt. Sekretaris KPU Jawa Timur supaya pimpinan KPU Kabupaten Pamekasan harus benar-benar cermat menyusun perencanaan dan penganggaran dana hibah daerah tersebut, supaya lebih mudah dan lebih cepat review yang akan dilakukan oleh Pimpinan KPU RI. Bahkan ia berharap semua penganggaran dana hibah tersebut dapat segera disampaikan ke KPU RI supaya segera turun hasil review dan persetujuannya. Sementara pimpinan KPU Jawa Timur juga akan berusaha membantu semaksimal mungkin supaya segera mendapatkan persetujuan. Harapnya.

Usai konsultasi ke Ketua dan Sekretaris KPU Jawa Timur, pimpinan KPU Kabupaten Pamekasan langsung menyerahkan draf Perencanaan dan Penganggaran Dana Hibah Daerah Non-Pemilihan tersebut ke Komisioner KPU Jawa Timur, divisi Perencanaan dan Data, Bapak Miftahur Rozaq untuk segera direview dan dilakukan perbaikan-perbaikan jika ada hal-hal yang perlu disesuaikan dengan Juknis DIPA KPU RI. (FthoR)