KPU Pamekasan Laksanakan Kegiatan KPU Goes To Campus

 

PAMEKASAN- Setelah melaksanakan kegiatan KPU Goes To School di SMAN 1 Pademawu Pamekasan pada Minggu II bulan Oktober, kini KPU Pamekasan melakukan kegiatan serupa dalam bentuk program KPU Goes To Campus, yang ditempatkan di Kampus IAI Al-Khairat Pamekasan.

Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi sekaligus upaya pendidikan pemilih bagi kalangan Pemilih Pemula dan Muda supaya ada peningkatan partisipasi masyarakat yang lebih baik lagi dalam penyelenggaraan pemilihan umum di masa-masa yang akan datang.

Rombongan KPU Pamekasan tiba di kampus IAA Al-Khairat Pamekasan, tepat pada pukul 09.30 WIB hari Rabu (21/10/2020) dan diterima langsung oleh Pimpinan Kampus. Sembari menunggu acara yang akan dimulai pukul 10.00 WIB Komisioner dan Sekretaris KPU Pamekasan masih disilahkan untuk singgah dulu di ruang Rektorat IAI Al-Khairat Pamekasan untuk sharing seputar kegiatan KPU Pamekasan di masa pandemi covid-19.

Tepat pukul 10.00 WIB acara Pendidikan Pemilih untuk Segmen Pemula dan Muda dimulai dengan rangkaian acara pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dari Pihak KPU Pamekasan dan Kampus IAI Al-Khairat Pamekasan yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Bapak Moh. Mahfud.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Pamekasan, Moh. Halili mengatakan bahwa "kegiatan KPU Goes To Campus ini dalam rangka memberikan pendidikan pemilih, khususnya segmen pemilih pemula dan muda seperti mahasiswa, karena mereka adalah pemilih potensial yang dapat membantu peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu." Ungkapnya.

Sementara, Bapak Moh. Mahfud, selaku WR III Kampus IAI Al-Khairat Pamekasan menyatakan bahwa "Kampus IAI Al-Khairat sangat bangga ditempati kegiatan pendidikan pemilih seperti ini supaya mahasiswa bisa lebih termotivasi untuk memahami sistem Pemilu, pendidikan politik dan nilai-nilai demokrasi karena dengan begitu mahasiswa akan lebih aktif berpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan Pemilu."

Usai acara pembukaan, acara inti KPU Goes To Campus kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Pendidikan Pemilih oleh Komisioner KPU Pamekasan, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan SDM, Bapak Fathor Rachman, yang kemudian dilanjutkan juga dengan sesi tanya jawab.

Materi Pendidikan Pemilih yang disampaikannya berkaitan dengan Demokrasi, Sistem Pemilu, Kelembagaan Negara, dan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum. Di mana semua tema itu sangat penting dipahami oleh mahasiswa supaya bisa menjadi pemilih yang cerdas dan berintegritas, sehingga penyelenggaraan Pemilu benar-benar berkualitas dan partisipasi masyarakat semakin baik. (FthoR)