Himpun Masukan Pengelolaan Logistik 2020 untuk Suksesnya Pemilu 2024

Cianjur, kpu.go.id - Pemilihan 2020 berjalan sukses dengan capaian tingkat partisipasi 76,09 persen. Kesuksesan lain yang tidak kalah penting adalah pengelolaan logistik yang tepat jenis, waktu dan harga yang tepat. Meski demikian evaluasi terkait pengelolan logistik tetap harus dilakukan, terutama untuk menginventarisir masalah yang muncul selama proses pemilihan 2020.

“Agar tercipta pengelolaan logitik yang efektif, efisien dan profesional,” ujar Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI, Eberta Kawima saat menyampaikan laporan pada kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pengelolaan Logistik Pemilihan Tahun 2020, di Cianjur, Selasa (23/2/2021).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra yang membuka kegiatan menyampaikan terima kasih kepada jajaran KPU provinsi dan KPU kabupaten / kota atas kesungguhannya menyelenggarakan Pemilihan 2020 di tengah pandemi Covid-19.

Terkait rakor yang akan berlangsung hingga dua hari kedepan, Ilham berharap agar para peserta yang aktif memberikan masukan, pengalaman yang dimilikinya untuk pengelolaan logistik yang lebih baik di pemilihan maupun pemilu berikutnya. “Hasil dari evaluasi pemilihan di daerah kalian masing-masing dapat menjadi catatan penting untuk keberlangsungan pemilu yang akan datang,” harap Ilham.

Pimpinan KPU RI lainnya, Arief Budiman yang memegang peranan penting dalam menyumbang kesuksesan penyelenggaraan pemilihan maupun pemilu. Melalui logistik juga pemilih suara yang berdaulat di transfer menjadi hasil suara bagi calon terpilih yang akan kursi eksekutif atau legislatif. “Jadi jika kita tidak bisa menyediakan logistik tepat waktu dan tidak berkualitas maka kedaulatan pemilih akan tidak terganggu. Maka penting sekali menyediakan logistik yang berkualitas, tepat waktu, tepat guna, ”ujar Arief.

Arief mengingatkan agar jajarannya selalu terbuka kepada semua pihak. Transparan atas semua kinerja juga akan membantu KPU terhindar dari kecurigaan serta informasi dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Dikesempatan selanjutnya Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik serta Viryan berpesan agar KPU provinsi, KPU kab / kota mulai mempersiapkan diri merencanakan pemilu dengan tepat regulasi, distribusi, tepat pengadaan.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno berharap hasil dari rakor evaluasi logistik ini tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan internal saja tetapi juga dapat membantu bagi sesama penyelenggara pemilu sebagai catatan dalam pembantuan atau membuat peraturan. (humas kpu ri dsy / foto: ieam / ed diR) (repost-kpu.go.id)