Evaluasi Pemilihan 2020 untuk Antisipasi di Pemilu dan Pemilihan 2024

Surabaya,  repost-kpu.go.id  - Pemilihan 2020 telah berjalan dengan beragam dinamikanya. Proses demokrasi yang berlangsung serentak di 270 daerah tidak hanya memberikan pengalaman berharga tentang teknis keserentakan, lebih dari itu juga memberi pembelajaran tentang pengaturan pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak hanya memberikan hak suaranya, namun yang lebih penting juga harus menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid -19 di seluruh wilayah Indonesia yang belum mereda.

Meski kondisi pendemi, kenyataannya tingkat partisipasi pemilih dapat terjaga dengan baik. Dan kepercayaan ini mendapat apresiasi Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU RI Ilham Saputra ketika hadir dalam Rapat Evaluasi Pemilihan 2020 di Provinsi Jawa Timur, Kamis (25/3/2021). Ilham ucapan terima kasih kepada KPU kabupaten / kota di wilayah tersebut karena telah bekerja sungguh-sungguh menuntaskan seluruh tahapan pemilihan. "Walaupun kita masih punya pekerjaan rumah. Dan Alhamdulillah juga KPU Jawa Timur tidak meninggalkan pekerjaan rumah tersebut yaitu PSU di 16 daerah," ujar Ilham yang hadir disambut hangat oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, serta Ketua dan Anggota KPU Kabupaten / Kota di Jawa Timur.

Terkait tema acara pemilihan Pemilihan 2020, Ilham menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bahan antisipasi KPU menyongsong Pemilu dan Pemilihan 2024. Terlebih ada potensi penyelenggaraan antara antara Pemilu dan Pemilihan 2024 dengan Pemilihan 2020 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19. "Kita tidak pernah tahu sebelumnya pada saat penyusunan NPHD ketika menyusun peraturan perundangan, penyusunan PKPU bahwa kita menjalankan pemilihan 2020 pada masa pandemi Covid-19. Tapi Alhamdulillah berkat bantuan banyak pihak dan teman-teman bisa melaksanakan ide dengan baik dengan kekurangan dan kelebihan," ucap Ilham.

Terakhir Ilham mengajak jajaran KPU, terutama yang ada di Provinsi Jawa Timur untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih dan meningkatkan di Pemilu dan Pemilihan 2024 nanti.

Selain memberi pengarahan, pada kesempatan itu Ilham juga berkesempatan untuk memberikan penghargaan kepada KPU kab / kota berprestasi. Ada dua kategori penghargaan yang diberikan kategori penyusunan laporan serta kategori penyelenggaraan tahapan.

Untuk kategori penyusunan laporan, penghargaan yang diberikan kepada KPU Kabupaten Trenggalek (juara pertama), KPU Kabupaten Situbondo (juara kedua) dan KPU Kabupaten Sidoarjo (juara ketiga). Dan untuk kategori penyelenggaraan tahapan KPU Kabupaten Kediri (juara pertama), KPU Kabupaten Gresik (juara kedua) dan KPU Kabupaten Pacitan (juara ketiga). ( humas kpu ri dianR / foto: dosen / ed diR )