KPU PAMEKASAN RAMPUNGKAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN BULAN APRIL

Pamekasan, 29 April 2021 – Bertempat di Kantor yang terletak di Jalan Brawijaya 34 KPU Kabupaten Pamekasan melakukan rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk periode bulan April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017.

Mohammad Halili dalam sambutannya menyebutkan bahwa ini pada tahun kedua pelaksanaan DPB ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya, yakni rekapitulasi bulanan dilaksanakan secara internal dan per triwulan rekapitulasi ini dilaksanakan secara terbuka dengan mengundang seluruh stakeholder dan pihak-pihak terkait di Kabupaten Pamekasan, seperti Bawaslu, Pimpinan Partai Politik, Kepala Dinas Dukcapil dan sebagainya.

Ketua KPU Pamekasan yang akrab disapa Mister Hans ini juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif melaporkan setiap perubahan data kependudukan yang dimiliki baik milik sendiri maupun anggota keluarganya bahkan tetangga dekat di lingkungan sekitarnya kepada KPU guna kemudian dimutakhirkan dalam data pemilih. Laporan tersebut bisa dilakukan dengan cara datang langsung ke kantor KPU atau secara online yang form-nya sudah disebar di media sosial KPU Pamekasan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk aktif melaporkan setiap perubahan data kependudukan seperti pindah domisili, alih status, perubahan nama, bisa juga apabila ada anggota keluarga atau tetangga yang meninggal selain dilaporkan ke dukcapil juga dilaporkan ke KPU guna kita lakukan perbaikan di data pemilih baik dengan cara datang langsung ke kantor KPU atau cukup mengisi formulir online yang sudah disebar melalui media sosial KPU Pamekasan. Hal ini penting agar data pemilih kita semakin valid karena validitas data pemilih merupakan salah satu parameter terciptanya demokrasi yang berkualitas khususnya di Pamekasan” jelasnya

Sampai dengan bulan April 2021 ini data pemilih di kabupaten Pamekasan berjumlah 707.573 pemilih yang terdiri dari 342.041 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 365.532 pemilih berjenis kelamin perempuan tersebar di 13 Kecamatan dan 189 Desa/Kelurahan yang ada di Pamekasan.

Dalam rekap tersebut KPU Pamekasan juga melakukan pencoretan terhadap pemilih yang tidak memenuhi syarat (tms) yang berasal dari data ganda sebanyak 113 pemilih, data tidak dikenal 17 pemilih, bukan penduduk sebanyak 1 pemilih. Disamping itu, KPU Pamekasan juga menerima laporan data pemilih baru sebanyak 67 pemilih.

Dalam kesempatan tersebut Ibnun Hasan Mahfud selaku Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menyampaikan bahwa kedepan KPU akan terus berkoordinasi dengan stakeholder untuk perbaikan data pemilih dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan sosialisasi kegiatan DPB kepada masyarakat luas, terbaru KPU Pamekasan sedang menjajaki kerjasama dengan dinas Komunikasi dan Informasi Pamekasan agar kegiatan DPB bisa disosialisasikan melalui kanal-kanal media yang dimiliki oleh Diskominfo” pungkasnya.