KPU Kabupaten Pamekasan Ikuti FGD SPIP

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting, Kamis (3/6/2021).

Kegiatan tersebut  berlangsung selama dua hari tersebut, yang  wajib diikuti oleh Divisi Hukum dan Pengawasan, sekretaris, subkoordinator, dan operator SPIP. Sesi pertama diikuti 18 KPU kabupaten/kota. Sedangkan sesi kedua dilaksanakan Jumat (4/6/2021) yang diikuti 20 satker.

Beberapa waktu yang lalu KPU Provinsi Jawa Timur mendapatkan predikat terbaik kedua SPIP kategori satuan kerja besar dari KPU RI. Hal itu tak lepas dari pola pengendalian yang dilakukan secara intensif selama ini.

Dalam sambutannya, Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Hukum dan Pengawasan Muhammad Arbayanto berharap, peserta dapat memahami materi secara utuh dan memaksimalkan fungsi pengendalian di satker masing-masing. 

Diskusi terfokus kemudian dipandu Koordinator Hukum dan Teknis KPU Provinsi Jawa Timur Yulyani Dewi. Perempuan yang akrab disapa Dewi ini menjelaskan materi secara detail dan sabar menjawab pertanyaan dari para peserta. "Saya membuka ruang untuk bertanya. Agar semua paham" katanya.

Semua peserta yang mengikuti diberi kesempatan langsung melakukan pengisian kuisioner pengendalian sekaligus melakukan penilaian tingkat risiko. Di akhir acara panitia membagikan hasil pretest peserta. KPU Jawa Timur berjanji akan melakukan pendampingan khusus bagi satker yang memiliki nilai di bawah standar.

Komisioner KPU Pamekasan, Divisi Hukum dan Pengawasan Moh. Manshur Menyampaikan, FGD dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pemahaman peserta tentang SPIP dan bagaimana penerapannya di lapangan, Pemahaman yg lebih komprehensif secara teoritical konseptual akan membantu dalam proses implementasi operasionalnya sehingga kualitas pencapaian kinerja kelembagaan juga meningkat.