KPU Kabupaten Pamekasan Ikuti Webinar Nasional Literasi Demokrasi

KPU Kabupaten Pamekasan ikuti Webinar Nasional Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan serentak 2020 yang dilaksanakan KPU Kota Blitar Jawa Timur.

Hadir sebagai pembicara kunci Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner KPU Jawa Timur. Dalam Penyampaianya Gogot mengapresiasi literasi demokrasi di lingkungan KPU Jawa Timur. Dalam pandangan inovasi yang dilakukan jajaran KPU di Jawa tumur menjadi catatan sejarah, sehingga pengalaman penyelenggara pemilihan di Jatim harus dibukukan.

Ia menyampaiakan "Pemilihan serentak 2020 merupakan bersejarah, karena pertama kali melaksanakan di tengah pandemi  Covid-19 dan sukses", terangnya.

Lebih lanjut ia menyatakan "bahwa indikator sukses penyelenggaraan dilihat dari terpenuhinya target partisipasi masyarakat pemilih. Selain itu, pelaksanaan pemilihan serentak tersebut tidak menimbulkan kluster baru Covid-19 di Jatim", imbuhnya.

Menurutnya strategi sosialisasi yang telah diterapkan tersebut bisa diadopsi untuk metode pelaksanaan pemilu dan pemilihan di masa mendatang.

Komisoner KPU Kabupaten Pamekasan Fathor Rachman menyampaikan, "Kegiatan Webinar Literasi Demokrasi ini tentu dapat menjadi inspirasi bagi seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, khususnya KPU Kabupaten Pamekasan" tuturnya.

Ia menambahkan "Bagaimana KPU kedepan supaya dapat melakukan hal yang sama menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Sebab, melalui literasi demokrasi ini eksistensi KPU sebagai penyelenggara pesta demokrasi dapat memberikan pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat secara lebih cerdas",tutupnya.