KPU Tetapkan 45 Anggota DPRD Kabupaten Terpilih

KPU Pamekasan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menetapkan perolehan kursi partai politik (Parpol) dan Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Terpilih hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2109, bertempat di Hotel PKP RI Jalan Kemuning Pamekasan (Sabtu (10/07).

Acara penetapan tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan Parpol beserta saksinya masing-masing. Hadir juga jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), serta perwakilan KPU Jawa Timur Miftahur Rozaq.

Dalam agenda penetapan tersebut, ketua KPU Pamekasan Mohammad Halili membuka Rapat Pleno penetapan perolehan kursi Parpol dan Calon DPRD terpilih, dengan membacakan penghitungan suasa sah yang sudah dibagi dengan metode konversi kursi dengan pembagian bilangan ganjil 1,3,5 dan 7 atau yang dikenal dengan metode saint lague.

Berdasarkan Dapil atau Koordinator Wilayah (Korwil), masing-masing Komisioner membacakan penghitungan perolehan kursi (firmulir E.1) secara bergiliran yang selanjutnya disahkan oleh pimpinan sidang. Kemudian agenda sidang dilanjutkan dengan membacakan perolehan kursi masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) dan total perolehan kursi masing-masing Parpol se kabupaten (formulir E1.1), dan terakhir membacakan perolehan Calon DPRD terpilih (formulir E1.2).

Setelah menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih, agenda tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan berkas ketiga formulir tersebut, serta dilanjutkan dengan penandatanganan berkas ketiga formulir tersebut oleh komisioner dan saksi parpol. Selanjutnya, Agenda terakhir penyerahan berkas ketiga formulir kepada masing-masing saksi.

"Dengan demikian rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon DPRD terpilih hasil Pemilu 2019 saya nyatakan ditutup," kata ketua KPU Pamekadan Mohammad Halili saat menutup rapat kemarin, diikuti ketukan palu sidang tiga kali. (amr)