Tingkatkan Data Pemilih Dengan Pemutakhiran Berkelanjutan

Batu-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur adakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dengan KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur pada tanggal 9-10 Oktober 2019 di Kota Batu. Sambutanya Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur Choirul Anam yang akrab disapa Pak Anam ini menyampaikan "Dampak pemutakhiran data ini pada partisipasi masyarakat. Semakin bagus data pemilih, maka partisipasi masyarakat akan semakin bagus. Sehingga dengan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, diharapkan data pemilih akan semakin bagus, akurat dan akuntabel,” ujar Anam.

Mengingat pentingnya data pemilih, Ketua KPU Jatim juga mengharap Komisioner yang baru menjabat wajib mempelajari dengan cepat proses pemutakhiran data pemilih. Sehingga tidak hanya paham teori tapi sekaligus memahami praktek lapangannya.

Komisioner KPU Kabupaten Pamekasan divisi Perencanaan, Data dan Informasi Ibnun Hasan Mahfud ikut hadir dalam acara tersebut beserta Operator SIDALIH (Sistem Informasi Data Pemilih). Dalam acara teraebut yang juga dikemas dalam forum diskusi pada sesi kedua mengangkat isu strategis dalam pemutakhiran data pemilih guna lebih memperbaiki kualitas Data Pemilih dari pemilu ke pemilu selanjutnya.(riez)