KPU JATIM; NPHD PILKADA KABUPATEN/KOTA DI JATIM TUNTAS

SURABAYA- Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 di Jawa Timur telah selesai. Hal ini disampaikan oleh Insan Qoriawan (Komisioner KPU Jatim) saat menjadi pembicara pada kegiatan Seminar Nasional bertajuk “Menyongsong Pilkada Serentak 2020” yang diseleggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur di Hotel Bumi Surabaya (21/10/2019).

“Ada 16 Kabupaten dan 3 Kotamadya di Jawa Timur yang akan menyelenggarakan Pemilihan 2020, Alhamdulillah semua sudah menandatangani NPHD untuk Kabupaten/Kota, ada yang tepat waktu di tanggal 1 Oktober, ada juga yang setelah itu. Alhamdulillah sudah tuntas semuanya” tururnya

“Pacitan merupakan salah satu dari tiga kabupaten yang awal menandatangani dan diakhiri oleh Kabupaten Malang”. Imbuh Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan tersebut.

Mantan Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan juga menambahkan bahwa pagu anggaran yang ditandatangani bervariasi, yang paling besar adalah kota Malang dengan 85 milyar hingga yang paling kecil yaitu kota Pasuruan dengan Rp. 761.032.000,-.

“Pagu yang ada bervariasi, mulai dari ada yang 52 milyar, ada yang 30 milyar dan seterusnya dan yang paling besar itu Malang 85 milyar, namun ada yang perlu menjadi catatan bagi kita, di kota Pasuruan hanya 761 juta yang tertulis di NPHD dari 18 milyar yang di ajukan oleh KPU Kota Pasuruan” tambahnya.

Sebagai informasi bahwa dalam rangka memanaskan mesin Pemilihan 2020, Bawaslu menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “menyongsong Pemilihan Serentak 2020”. Hadir sebagai pembicara, Fried Eduard Siregar dari Bawaslu RI, Insan Qoriawan dari KPU Provinsi Jawa Timur dan Syaiful Haris dari unsur akdemisi. (Cuy )