PKPU No 8/2019 Kunci Sukses Tata Kelola Organisasi KPU

JAKARTA- Komisioner KPU RI, Ilham Saputra menjadi pemateri pertama di hari kedua pelaksanaan Orientasi Tugas (Ortug) anggota KPU Kabupaten/kota di Hotrl Le Meridien kemarin. Kali ini, ptia yang juga menjabat sebagai Divisi SDM, Organisasi dan Litbang itu memaparkan secara luas terkait tata kerja organisasi di lingkungan satuan kerja (Satker) KPU.

Menurut pria asal Aceh ini, anggota KPU Kabupaten/kota harus memahami betul PKPU Nomor 8 tahun 2019 yang mengatur tentang Tata Kerja Organisasi KPU. Baik urusan penataan organisasi, hubungan kerja, tata kerja organisasi, maupun mekanisme hubungan kerja antara KPU Kabupatrn/kota, KPU Provinsi dan KPU RI sudah diatur dalam padal 8,14 dan 15.

“Jika PKPU itu sudah difahami betul dan dijalankan, saya yakin teman-teman KPU tidak akan merasa kesulitan menjalankan tugas dan fungsinya,” kata Ilham memaparkan.

Tidak hanya itu, Ilham juga memaparkan terkait aturan membuat keputusan melalui pleno KPU yang diatur dalam pasal 60 hingga 64 dalam PKPU terdebut. Termasuk brrkaitan dengan urusan Plt, Plh maupun cuti pegawai organik di lingkungan Kantor KPU. (amr)