Apa yg Tersisa Setelah Ortug VIII Anggota KPU Kabupaten/Kota?

PAMEKASAN- Semua Komisioner dan Sekretaris KPU Pamekasan telah selesai mengikuti Orientasi Tugas (Ortug) Tahap VIII sejak tanggal 12-16 November 2019 di Hotel Le Meridien Jakarta.

Materi Ortug telah disampaikan dan diserap dengan baik oleh semua Komisioner KPU Pamekasan, yaitu: 1) Nilai, Asas dan Prinsip Pemilu, 2) Etika Penyelenggara Pemilu, 3) Mewujudkan Pemilu Inklusif, 4) Sistem Pemilu di Indonesia, 5) Tahapan Pemilu, 6) Tata Kelola Penyelenggara Pemilu, 7) Perencanaan Strategis dan Operasional, 8) Dilema Penyelenggara Pemilu, 9) Lembaga Penyelenggara Pemilu dan Pemangku Kepentingan, dan 10) Penyelesaian Masalah Hukum Pemilu dan Advokasi Penanganan Kasus.

Apa tugas selanjutnya yang harus dilakukan oleh Komisioner KPU Pamekasan dalam mengembangkan kualitas dan meningkatkan SDM di Kantor KPU Pamekasan? Semua fasilitator, yaitu Bapak Dr. Abdul Azis, Bapak Kaka Suminta dan Ibu Dahlia Umar berpesan supaya "semua mareri tersebut harus mampu diterapkan dan dikembangkan oleh Komisioner di Satkernya masing-masing."

Penataan organisasi yang dimulai dengan perencanaan strategis dan operasional, penataan kelembagaan, kerjasama yg terbuka dan transparan harus segera dirumuskan dan menjadi budaya kerja di lingkungan Satker masing-masing. Pesan Bapak Abdul Azis.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Dahlia Umar dan Kaka Suminta bahwa "Komisioner harus memiliki kepemimpinan yang visioner untuk mengembangkan program dan kegiatan di Satkernya masing-masing, termasuk harus mampu melakukan perombakan-perombakan sistem dan tata kelola organisasi KPU yang lebih strategis, transparan dan profesional terhadap hal-hal administratif yang akan menghambat berjalannya semua program dan kegiatan di Satker masing-masing." Ini merupakan tugas, amanah dan tanggung jawab yang konstitusional dan harus segera dilakukan oleh komisioner sebagai pimpinan di Satkernya masing-masing. Imbuhnya. (FthoR)