KPU RI: MATERI ORTUG WAJIB DITERAPKAN DI SATKER KPU KABUPATEN/KOTA

JAKARTA-Orientasi Tugas (Ortug) Gelombang VIII KPU Kabupaten/kota telah selesai dilaksanakan. Kini, saatnya, peserta ortug menerapkannya di satuan kerja masing-masing. Materi-materi yang disampaikan para fasilitator seperti Perencanaan strategis, Nilai, Asas dan Prinsip Pemilu, Etika Penyelenggara Pemilu dan Tata Kelola Penyelenggara Pemilu agar bisa diaplikasikan dan dikembangkan dalam rangka mewujudkan pemilu yang demokratis dan berkualitas. Hal itulah yang disampaikan Ilham Saputra, ketua divisi SDM KPU RI pada acara penutupan orientasi tugas ( ortug) KPU kabupaten/kota gelombang ke-8, yang dilaksanakan pada tanggal 12 sd 16 Nopember 2019 di Le Meridien Hotel Jalan Jenderal Sudirman Kav No 18-20 Jakarta.

Dalam sambutannya ilham berpesan agar materi-materi yang disampaikan oleh para fasilitator dapat diaplikasikan di tempat kerja masing-masing KPU Kabupaten/kota.

"Saya berharap materi-materi seperti perencanaan, tata kelola dan kode etik penyelenggara yang disampaikan oleh para fasilitator tidak hanya masuk telinga kanan, lalu keluar telinga kiri tetapi bisa diterapkan di satker masing-masing. Dan pengalaman-pengalaman para fasilitator ketika menjadi penyelenggata pemilu juga bisa dijadikan sebagai rule model dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 2020 maupun pemilu mendatang". tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, ilham juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua peserta dan fasilitator yang pro aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

" Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu anggota KPU provinsi dan kabupaten/kota yang telah mengikuti kegiatan orientasi tugas ini sampai selesai serta kepada para fasilitator yang telah menularkan ilmu dan membagikan pengalamannya selama kegiatan ortug ini". tuturnya.

Pada acara penutupan tersebut , KPU Pamekasan hadir dengan formasi lengkap, antara lain Mohammad Halili Mohammad Mansyur, Moh. Amiruddin, Fathor Rachman, Ibnun Hasan Mahfud selaku komisionir dan Rachman Tamrin selaku sekretaris. ( Hans)